Monday, February 27, 2012

Jujur Nggak Yaa??



Saat kamu dihadapkan pada pilihan jujur atau nggak jujur, pilihan apa yg kamu pilih? Yah, kalo itu sih tergantung sikon alias situasi dan kondisi, mungkin ada beberapa diantara kamu yg berfikir gitu. Ya kan? Ya lah, termasuk saya. Sama seperti kamu dan siapapun yg lain, terkadang berbohong seolah menjadi pilihan yg paling mungkin untuk mengesankan sesuatu, tentang diri kita terhadap orang lain. Misalnya waktu kamu ditanya sama gebetan kamu yang baru PDKT, kamu masuk ranking nggak di kelas? Asumsi misalnya kamu nggak dapet ranking 10 besar. Nah loh, tengsin banget kan kalo kamu ngaku nggak dapet ranking? Kesannya kamu tu kurang pinter. Trus kamu bilang deh, kalo kamu dapet ranking 5 (misalnya). Duh boong! Kamu tau saat itu kamu boong, tapi demi menjaga reputasi dihadapan gebetan baru.. yah tabrak aja deh!

Nah terus di saat yang lain, gebetan kamu tu ngobrol ma temen sekelas kamu n tanpa disengaja obrolan mengarah pada kamu yang dapet ranking 5, padahal aslinya nggak. Bisa jadi temen sekelas kamu tu cerita ke dia kalo sebenernya yg ranking 5 adalah si Anna, dan kamu nggak dapet ranking 10 pun. Duh, lebih gawat dech! Alamat dia bakalan ilfeel sama kamu, ketauan kalo kamu nggak termasuk ranking 10 besar en tukang boong pula.

Bagi2 pengalaman nih, saya juga sering ngalamin masalah kayak gitu. Berbohong demi peningkatan reputasi or nutupin kesalahan n jadi resah coz takut ketauan. Asalkan kamu tau ya, berbohong itu ibarat rantai yg nyambung2 kalo kemauan kita utk berbohong sering kita turutin. Karena takut ketauan kita udah boong tentang masalah A, kita nutupin dengan kebohongan pada masalah B. Dan seterusnya sedemikian rupa agar kebohongan kita nggak terungkap. Padahal pada saat yang sama kita sedang mengingkari hati kita yang nggak pernah berdusta.

Mungkin kamu emang berhasil ngibulin orang, tapi hatimu gak akan pernah bisa kamu bohongin. Dan juga perlu kamu tau, mendustai hati itu nggak menghasilkan ketenangan. Emang enak terus-terusan resah?

Duh, saya jadi malu deh, soalnya ini pengalaman pribadi saya. Pelan2 saya sadar bahwa nggak ada positifnya berbohong, bohong untuk alasan apapun. Apakah karena kebohongan untuk jaga image, menutupi kesalahan or emang ngejahatin orang. Taruhlah misalnya saat ini kenyataannya kita memang belum berprestasi, justru jujur pada diri sendiri bahwa pada saat ini kita belum menjadi seperti yang kita harapkan adalah titik awal untuk memacu semangat perubahan. Misalnya nilai ujian Fisika kamu cuma dapet 50 dari nilai tertinggi di kelas adalah 90 di UAS kemarin, ya jujur saja kalau itulah yang sejauh ini kamu peroleh. Kalau ada temen yang tanya, kamu jawab aja seadanya. Sembari kamu terus mengasah diri untuk mengejar ketertinggalanmu.  Tapi nggak usah juga, kamu sebar-sebarin sendiri informasi itu kalo emang ga ada yg tanya. (Hihi.. dapet nilai dibawah standar aja bangga??)

Intinya, saya dan kamu, sekarang dan seterusnya.. yuk, kita sama2 melatih diri untuk jujur. Dalam hal apapun, tak peduli sekecil dan seremeh apapun. Dijamin, hidup kita jadi lebih tenang dan damai. Percaya deh! ^^  

No comments:

Post a Comment